Pages

Thursday 28 February 2013

Stick Drum dan Kelebihannya

Stick drum adalah alat yang vital apabila seseorang ingin bermain drum.Ibaratnya kita makan nasi tapi tidak pakai nasi terus kita makan apa? nah begitu pula dengan drum apabila kita main drum tapi tidak ada stick nya terus main pakai apa? Karena alat ini sangat vital dalam bermain drum maka tidak ada salahnya pula kita mengetahui kualitas dari beberapa pabrikan  stick drum yang cukup ternama.

  1. Zildjian

zildjian maple stick

Zildjian maple stick

Gambar ini adalah salah satu contoh produk dari Zildjian.Produk ini adalah produk yang paling terkenal diantara produk stick lainnya.Stick ini terbuat dari kayu maple,yaitu kayu yang biasa terdapat di daerah Amerika Utara,dan mempunyai kekuatan yang sangat keras apabila kita menggunakannya dengan benar.Tapi yang harus kita perhatikan saat membeli stick model ini adalah keasliannya.Karena produk ini banyak imitasinya.Sebelum membeli hendaklah dipukulkan dulu dengan pelan apabila terlihat ringan maka sudah pasti itu adalah imitasi,tapi apabila padat berisi itu adalah stick yang asli.Harga dari stick ini setelah saya mengecek pada bulan Juli di internet adalah Rp 80.000,tetapi setelah saya mengecek beberapa saat yang lalu harganya turun menjadi Rp65.000.mudah-mudahan bisa turun lagi.

2.Hot Rod sticks

pro mark Hot rod stick

pro mark Hot rod stick

Stick ini adalah stick yang sangat kuat karena ketebalannya,dan cocok untuk bermain akustik drum.Karena kekuatannya inilah kita bisa memainkan powerfull music,seperti rock,Punk.Metal,Hardcore,dan genre lainnya.Pabrikan asal Amerika ini menawrkan harga sebesar 145.000 untuk sepasang sticknya.Kelemahannya adalah stick jenis ini cukup berat sehingga kita harus mempunyai teknik agar lengan kita tidak terlalu capek mengayunkannya.Pabrikan ini kurang dikenal di Indonesia maka dari itu mereka mematok harga yang cukup mahal.Stick ini juga sama seperti Zildjian yaitu sama banyak imitasi dan tiruannya.

3.Tama

tama stick drums

tama stick drums

Stick model ini sempurna performanya,extra kuat dan merupakan stick yang paling nyaman di pegang.Tidak mudah patah,sesuai dengan semboyannya “TAMA THE STRONGEST NAME IN DRUMS”.Tapi sayang stick model ini jarang muncul di pasaran Indonesia sekarang.

4.Johny Rabb drum sticks

Johnny Rabb sticks

Johnny Rabb sticks

Terkenal dengan inovasinya seperti Rhythm Saw. Tapi Rhythm Saw itu sendiri dapat berbahaya untuk drum karena dapat merusak bearing edge sehingga suara drum anda bisa menjadi kacau dan tidak dapat dituning.

5.Regal tip:

regal tip

regal tip sticks

Lars Ulrich drummer grup Metallica sempat menggunakan stick ini tapi tidak lagi karena stick ini tidak tahan dingin dan menjadi mudah patah. Bagi beberapa orang mungkin akan merasa bahwa stick ini terlalu licin tapi ada juga yang mengatakan bahwa stick ini yang paling nyaman. Kelemahan dari stick ini adalah jika menggunakan nylon tip, biasanya neck pada ujung stick kecil sekali sehingga mudah patah.

6.Vic Firth sticks

vic-firth-american-classic

vic-firth-american-classic

Stick ini Benar-benar  ‘The perfect pair’, semua sticknya benar-benar seimbang dan mempunyai pitch yang sama. Dan yang pasti lurus semua. Tapi ada satu kelemahan, jika anda kurang beruntung stick anda akan mengalami pematahan langsung.Jadi, masih ada kemungkinan stick yang baru anda beli 1 hari yang lalu tiba-tiba patah. Hati-hati.

6. Vater sticks

vater sticks

vater sticks

Banyak sekali pilihannya, tetapi keseimbangannya tidak menentu alias setiap stick tidak mempunyai karakter yang sama walaupun bentuknya sama.

mau membeli? jadilah orang yang teliti.

No comments:

Post a Comment