Pages

Thursday, 28 February 2013

Cara Membuat Aransemen Musik pada Lagu



mungkin judul di atas agak panjang untuk di baca,tapi kata itulah yang paling pas menurut saya untuk mewakili tema kita kali ini tentang cara membuat aransemen musik yang mudah dan menyenangkan menurut saya.karena menurut pengalaman dari temen teman sesama musisi di tanah air ternyata membuat aransemen itu susah susah gampang,ini di karenakan feel setiap orang dalam menerjemahkan isi otak nya berbeda beda satu sama lain,termasuk pandangan mereka tentang aransemen yang bagus menurut mereka belum tentu enak di telinga kita yang berbeda aliran.
tapi ada satu benang merah dari cara para musisi ataupun orang orang yang berkecimpung di dunia aransemen musik yang telah saya rangkum menjadi satu buah artikel yang insyaalah berguna buat para pencinta musik ataupun anak band yang mau menciptakan lagu ataupun aransemen yang beda.SO CEKIDOT!!



-KENALI JENIS LAGUNYA
Kenapa kita harus mengenal jenis lagunya dulu? karena ada pepatah mengatakan "tak kenal maka tak sayang"nah lho! ini berguna untuk kita agar bisa merasakan ketukan dari alunan nadanya, dll. Proses ini penting karena akan berhubungan dengan, mau dijadikan jenis musik apa lagu kamu tersebut,apakah rock,pop,dangdut,whatever lah..he he he he


-REFERENSI MUSIK
Referensi bisa di lakukan dr lagu orang lain yg sudah ada dipadukan dengan kreatifitas dan taste yang anda miliki. Namun demikian saya meganjurkan sebaiknya jangan mengambil referensi dari lagu yang lagi hits saat itu.karena akan membuat efek seragam pada musik kita. Kalopun itu terpaksa dilakukan, usahakan hanya pada genre nya saja tp jangan mengambil sampel pola/pattern nadanya. Idealnya sih sebaiknya aransemen anda juga mengambil referensi dari musik luar negeri walaupun sedikit, untuk memperkaya musik anda. Saya pikir lebih terhormat disebut plagiat musik luar dibanding disebut plagiat dr band dalam negeri yang sedang terkenal. Bukan ngajarin buat melakukan plagiat loh :)
Oh iya walaupun saya bilang lebih terhormat disebut plagiat musik luar negeri bukan berarti kita mengambil sampel musik langsung begitu saja. Usahakan di udah beberapa nada, ketukan ataupun style-nya. Dijamin gak akan keliatan niru deh. Udah saya lakui kok..Ssstt..tapi diem2 aja ya.


-LYRIC
liriknya perlu diperhatiin juga. dalam beberapa kasus, saya pernah mengganti lirik lagu karena setelah di aransemen, merasa tema liriknya akan lebih bagus jika di ubah, misalnya dr tema "Mari menanam sejuta pohon" menjadi lagu bertema "mari menebang pohon karena harga kayu mahal" :p


-TEKNIK PENGULANGAN (REPEATING)
perlu diperhatikan juga teknik pengulangan bait2 maupun nada2nya, apakah akan menimbulkan kebosanan pendengar atau tidak. Jika setelah ditimbang2 kurang bagus, variasikan sedikit nadanya ataupun liriknya. Pernah suatu ketika waktu saya mengaransemen lagu bareng temen2, karena pengen buru2, kami tidak memperhatikan hal ini. Setelah lagunya selesai di rekam baru kerasa kalo liriknya seharusnya dibedakan antara bait sebelum reff dan bait sesudah reff. Nyesel deh :(


-MASUKAN ORANG LAIN
Definisi orang2 disekitar versi saya sendiri: temen, pacar, sodara yang sering ketemu, tetangga. Oh iya bisanya orang2 yang gk ngerti musik dan hanya sebagai pendengar saja lebih bagus jika diminta pendapatnya, karena mereka biasanya lebih mementingkan enak tidaknya lagu tersebut, bukan dari sisi kerumitan sebuah lagu.
Satu hal yang perlu dipahami, jangan terpaku sama pemikiran dan pendengaran kita sendiri. Karena sejatinya kita menciptakan lagu untuk dedengar orang lain, bukan untuk diri kita. Walaupun kita menganggap karya kita 'asik bener' belum tentu orang lain seneng debgan lagu kita,ntar yang ada malah muntah,he he he


-COMBINATION THEORY (KOMBINASI TEORI)
Jika sedang dalam project membuat album, buatlah kombinasi antara lagu yang bertempo lambat, sedang dan cepat.
Saya melihat lagu bernuansa melow baik itu pop, maupun dari aliran rock, kebanyakan disukai. Tapi jangan terpaku untuk membuat seperti itu semua. jadikan lagu2 melow sebagai lagu hits pilihan kedua setelah lagu2 yg bertempo cepat dalam sebuah album


-REFF
Memvariasikan reffrain sebaiknya dilakukan dibagian akhir lagu. Hal ini karena pada bagian reff ini biasanya bagian yg mudah diingat oleh pendengar. jika antara reff pertama dan kedua ada perbedaan nada yang terlalu mencolok, maka terdengar lagu tersebut tidak memiliki inti.


-KEBERSAMAAN
Jika kamu adalah sebuah band, ada baiknya mendiskusikan aransemen lagu bersama seluruh anggota. jangan hanya kamu sendiri atau beberapa orang saja, karena hanya akan membuat yg lain merasa tidak terwakili dalam lagu terebut.
Walaupun lagu tersebut milik kamu, usahakan agar kamu tidak memonopoli dalam masalah aransemen, hal tersebut akan membuat yg lain merasa memiliki lagu tersebut, sehingga mereka akan mengerahkan segala kemampuannya untuk lagu tersebut. hal ini penting agar tidak menimbulkan sifat 'masa bodo' dr rekan2 yang lain


-ALIRAN MUSIK
Para personel dengan background musik yg berbeda-beda akan memperkaya musik yang dibawakan. Beruntung jika band kamu seperti itu. asalkan memiliki visi yg sama.


-Yess, LET'S GO!!
Setelah lagu kamu selesai di aransemen, dengarkan ulang lagu/aransemen tersebut. Tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa bagian yg bisa di kulik lagi sehingga menghasilkan aransemen yg lebih keren dan enak di dengar,oke guys itu aja yg bisa saya sampaikan buat sobat semua,kurang lebih nya saya mohon maaf,pesan saya mainkanlah apapun jenis musik yang kamu suka,dengan begitu kamu akan sedikit lebih cepat menguasai teknik teknik dasar dalam membuat aransemen yang keren,dan tidak menutup kemungkinan produser akan suka dengan lagu karya kamu..he he he

No comments:

Post a Comment